Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sebab Tak Memenuhi Quorum, Pembahasan APBDes Tomsel Batal Digelar

Sangadi Tomsel Boltim, Berlian Salambela
Sangadi Tomsel, Berlian Salambela.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Tombolikat Selatan (Tomsel) Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), membatalkan pelaksanaan rapat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2016. 

Pasalnya, rapat yang di gelar di kantor Desa Tomsel pada Rabu (30/03) siang tadi, hanya di hadiri sekitar 15 orang. Dua peserta rapat diantaranya, merupakan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Dengan begitu maka, kami memutuskan untuk membatalkan rapat pembahasan ini. sebab ketidakhadiran Ketua dan beberapa Anggota BPD lainnya, dianggap tidak memenuhi quorum," jelas, Kepala Desa Tomsel, Berlian Salambela kepada awak media saat ditemui di Kantor Desa Tomsel, Rabu (30/03).

Dirinya juga, menjelaskan bahwa pelaksanaan rapat pembahasan tersebut merupakan instruksi langsung dari pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim, melalui Sekretaris Daerah (Sekda).

"Jadi, kita juga sudah membuatkan berita acaranya sebagai dasar laporan pembatalan rapat pembahasan APBDes 2016. karena, pelaksanaan rapat pembahasan ini adalah instruksi langsung dari Pak Sekda," ungkapnya. 

Dia menilai, ketidakhadiran sejumlah anggota BPD dimaksud dapat berpotensi terhadap jalannya roda pemerintahan Desa. Selain itu, juga dapat merugikan kepentingan masyarakat. oleh karenanya Pemdes sengaja mengundang semua lembaga - lembaga yang ada di Desa untuk hadir dalam pelaksanaan rapat.

"Kalau pun, ada 4 orang anggota BPD yang hadir maka kita boleh laksanakan rapat pembahasan. ini hanya 2 orang yang hadir dari 7 anggota yang ada. Padahal kita sudah undang mereka termasuk lembaga - lembaga yang ada di desa. Saya selaku Kepala desa (Sangadi) menduga bahwa ini merupakan bentuk pemboikotan terhadap jalannya roda pemerintahan di Desa," tandas Berlian, siang tadi.

Pantauan media ini, sempat hadir pada pelaksanaan rapat tersebut yakni, 3 orang perwakilan lembaga syar'i, lambaga adat, 5 orang aparat desa, 3 perwakilan PKK, serta 2 orang dari perwakilan pemuda desa. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Rabu, 30 Maret 2016 ,

0 komentar for "Sebab Tak Memenuhi Quorum, Pembahasan APBDes Tomsel Batal Digelar"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional