Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemda Boltim Gelar Sinkronisasi dan Sinergitas Program Hasil Musrenbang Serta Renja SKPD Tahun 2017

Bupati Sehan Salim Landjar saat memberikan sambutan.

Boltim, detiKawanua.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Selasa (08/03) menggelar kegiatan dalam rangka sinkronisasi dan sinergitas program kegiatan hasil Musrenbang kecamatan dengan Rencana kerja (Renja) Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun 2017.

Kegiatan ini adalah sesuatu yang tidak terpisahkan dengan rencana kerja Pemerintah daerah (Pemda) yang merupakan suatu tingkat tahapan program perencanaan kedepan nanti.

"Para Sangadi awalnya telah memberikan masukan-masukan terhadap hal yang penting didalam perencanaan pembangunan di desanya masing-masing pada 2017 mendatang, melalui Musrenbangdes, Musrenbang kecamatan dan kemudian ditingkat Pemerintah daerah melalui SKPD-SKPD terkait. tentunya, forum ini juga melibatkan semua Satuan kerja, Camat, serta para Kepala desa (Sangadi-red). kegiatan ini, tidak lepas dari apa yang kita terima melalui masukan pada kegiatan Musrenbangdes yang kemudian dirumuskan di musrenbang kecamatan pada beberapa waktu lalu, mempunyai sasaran yang dicapai yakni rumusan rencana kerja pembangunan daerah," ujar Bupati Sehan Salim Landjar dalam sambutannya.

Lebih lanjut kata Bupati bahwa, tujuannya kita harus mampu memprotek hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat. forum ini harus menghasilkan sesuatu yang betul-betul bermanfaat buat rakyat, agar dapat melahirkan, memprodusi satu rancangan perencanaan pembangunan yang matang dan tidak asal jadi.

"Sebagai pemangku kepentingan harus mampu untuk mendeteksi progres pelaksanaan pembangunan Tahun sebelumnya. mampu untuk mengklasifikasi persoalah-persoalan penting ditengah masyarakat terutama di desa, yang bisa mempengaruhi budaya, kecerdasan, kesehatan dan ekonomi masyarakat sebab, persoalan itulah yang kalian harus angkat guna direduksi kemudian dibuatkan upaya strategis penyelesaian persoalan," jelasnya.

"karena, setiap program kegiatan berapa pun besaran anggaran kita keluarkan jika, rencana awal tidak kena sasaran atau prioritas maka, itu percuma dan mubazir. makanya, forum ini, harus mengklasifikasi program, dan masing masing SKPD melaksanakan tupoksinya agar tak tumpang tindih" terang Bupati menambah.

Kegiatan ini, selanjutnya kita kerucutkan dalam Renstra dan Renja secara tranparan, efisien, partisipativ, serta akuntable, "sebab, kwalitas terbaik akan diperoleh dari hasil perencanaan yang baik pula," tegasnya.

Bupati menambahkan, harus menetapkan program kegiatan yang akan dimuat dalam Renstra SKPD, mampu untuk menyesuaikan prioritas Renja SKPD dengan plafon anggaran atau pagu anggaran dan dapat mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi berkaitan dengan fungsi SKPD terutama, dalam mendukung pelaksanaan Resntra SKPD.

"guna mendapatkan kebaikan kita harus awali untuk memperbaiki hati sebab, esensi dari rencana adalah kebaikan. Saya inginkan dilima Tahun ini para SKPD Boltim dan masyarakat Boltim untuk lebih baik lagi," tutur Eyang, sapaan akrab Bupati sembari mengingatkan.

Bupati juga berharap, forum SKPD ini agar menjadi tolak-ukur pada perencanaan Lima Tahun untuk bagaimana merealisasikan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati yakni, peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari aparatur daerah sebagai mesin atau industri guna menciptakan daerah ini lebih baik lagi dari, sektor sektor yang dibutuhkan rakyat.

"Ini untuk terpenuhinya pelayanan dan kebutuhan masyarakat umumnya. serta menyimpulkan hal-hal yang prioritas ditengah masyarakat jadi, simpulkanlah secara matang dan baik agar semua rencana melalui program ini akan tepat sasaran," papar Bupati Landjar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Boltim bersama Wakil Bupati, Sekretaris daerah (Sekda) Muhammad Assagaf, Asisten Setda Boltim, Kepala-kepala  SKPD beserta stafnya, sejumlah anggota DPRD Boltim, para Camat, dan Sangadi se-Boltim. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Rabu, 09 Maret 2016

0 komentar for "Pemda Boltim Gelar Sinkronisasi dan Sinergitas Program Hasil Musrenbang Serta Renja SKPD Tahun 2017"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional