Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Mirip Gudang Barang, Gubernur: BLK Bitung Tidak Siap Hadapi MEA dan KEK

Gubernur Dondokambey saat Sidak di Kantor BLK Bitung, Selasa (08/03). /Ist

Bitung, detiKawanua.com
- Saat mengunjungi kantor  Balai Latihan Kerja (BLK) milik Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara di Kota Bitung,  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE mengaku prihatin.

Menurut Gubernur, BLK Bitung tidak memadai dan jauh dari harapan dalam rangka persiapan MEA dan KEK.

Baca juga: OD-SK Pantau Penyerahan Bantuan Kemenakertrans untuk BLK Bitung

"Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), dibutuhkan kesiapan tenaga kerja di Indonesia khususnya Kota Bitung, tetapi kesiapan keahlian yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Sulut yang ada di BLK Bitung. Saya melihat BLK tidak memadai dan jauh dari harapan dalam rangka persiapan MEA dan KEK, bahkan saya melihat BLK Bitung sama persis dengan gudang penyimpangan barang," kata Dondokambey, di halaman BLK Bitung, Selasa (08/03).

Olly menegaskan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov tidak siap menghadapi MEA ke depan. "Saya ingin agar ini dikaji ulang seperti apa strategi Disnakertrans Pemprov dan BLK Bitung menghadapi MEA," katanya.

Berita menarik lainnya: 8 Tempat Nonton Gerhana Matahari Total di Indonesia

Dia menjelaskan, alat-alat di BLK Bitung, tidak memadai. Padahal tantangan ke depan saat menghadapi MEA sangat berat, terutama dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Sebenarnya banyak yang bisa dilakukan oleh Pemprov antara lain menyatukan semua BLK di dinas-dinas terkait dalam menghadapi MEA. Dan  seharusnya dilakukan kerjasama dengan swasta melalui berbagai program. Selain itu, BLK juga harus mempersiapkan tenaganya untuk magang ke perusahaan-perusahaan swasta," ujarnya.

Dirnya juga menabamhkan, saya melihat belum ada terobosan yang dilakukan. "Maka kebera­daan BLK sangat sia-sia dan menghambur-hamburkan uang. Ini harus jadi perhatian Pemprov atau sebaiknya BLK Bitung itu ditiadakan," pungkasnya.

(*/Al)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 08 Maret 2016 , , ,

0 komentar for "Mirip Gudang Barang, Gubernur: BLK Bitung Tidak Siap Hadapi MEA dan KEK"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional