Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Empat Bangunan TBM Dialihkan Menjadi Rumah Pintar

Kabid PNFI Diknas Boltim, Samsuridjal Katili.

Boltim, detiKawanua.com - Empat unit bangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boiltim), dialihfungsikan menjadi Rumah Pintar.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Nonformal, Formal dan Informal (PNFI) Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Boltim, Samsuridjal Katili menuturkan, sebab dari pengalihfungsian sejumlah TBM tersebut dikarenakan oleh ketidaktuntasan pekerjaan pembangunannya. selain itu, pemanfaatan bangunannya yang belum begitu efektif.

"Sebagian tidak tuntas pembangunannya. oleh karena itu, mengingat progres dari TBM ini belum berjalan efektif maka, kami alihkan ke pembangunan rumah pintar. Rumah pintar baru ada satu unit di Boltim," terangnya.

Kata Dia, adapun keempat TBM yang dialihfungsikan tersebut yakni, TBM Sitimifta yang di Desa Moyongkota Baru Kecamatan Modayag Barat, TBM Bugenvil Modayag, Kecamatan Modayag, TBM Totabuan di Tutuyan Kecamatan Tutuyan, dan TBM Kartini Desa Motongkad kecamatan Nuangan.

"Perencanaan kedepan akan dibuat satu unit rumah pintar di setiap Kecamatan," ujar Samsurijal.

Lanjutnya, pembangunan baik satu unit TBM ataupun rumah pintar tersebut memakan anggaran hingga mencapai Rp 200 juta, dimana dannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Di Tahun 2016 ini juga akan dibangun sebanyak Empat unit TBIA (Taman Baca Ibu dan Anak). untuk wilayah sekitar ibu kota Dua unit, dan untuk wilayah Modayag Dua unit yakni, tepatnya di desa Kotabunan, desa Motongkad, desa Purworejo dan desa Liberia," bebernya.

Diketahui, berdasarkan data dari Diknas Boltim, jumlah bangunan TBM saat ini sebanyak 8 unit termasuk 4 bangunan yang telah dialihfungsikan tersebut. Sementara untuk bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) capai 35 unit yang tersebar di sejumlah Desa. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Kamis, 24 Maret 2016 ,

0 komentar for "Empat Bangunan TBM Dialihkan Menjadi Rumah Pintar"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional