Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Dukung DPRD Tuntaskan Ranperda PPMHA

Ranperda (Ist)

Bolmong, detiKawanua. Com - Rencana Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow dalam menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Perlindungan dan Pengakuan Hak Hak Masyarakat Hukum Adat, mendapat apresiasi dan dukungan kalangan masyarakat, aktifis dan lembaga adat. Apalagi, ranperda tersebut merupakan  inisiatif DPRD sejak tahun 2015.

Seperti dikatakan aktivis Hukum, Adri. “Bolaang Mongondow Raya adalah daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat, ini dapat dibuktikan dengan masih adanya ritual adat dalam pesta pernikahan dan masih adanya lembaga adat ditiap desa. Sehingga penyelesaian pembahasan hingga pengesahan perda pengakuan dan perlindungan hak masyarakat hukum adat, menjadi hal yang wajib bagi DPRD,” katanya.

Menurutnya, DPRD Bolmong telah memiliki komitmen kuat seperti DPRD di beberapa dari di Indonesia yang telah terlebih dahulu menetapkan Perda PPMHA. Seperti DPRD  di Kalimantan Timur, Kabupaen Malinau, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Sumbawa. “Ini adalah sikap wakil rakyat yang perlu mendapat apresiasi dan dukungan masyarakat. Mudah-mudahan ini tidak hanya sampai pada tingkat pembahasan, tapi akan sampai pada penetapan,” ujar Adri.

Senada dikatakan Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Bolaang Mongondow (AMANBOM), Jemmy Lantong. “Harapan saya secepatnya ranperda itu ditetapkan menjadi perda. Apapun alasanya, kenapa yang lain menjadi prioritas dan ini tidak. Langkah ini bentuk pembuktian DPRD terhadap tanggungjawab mereka terhadap masyarakat adat di Bolmong,” kata Jemmy.  

Diketahui, Kabupaten Bolaang Mongondow adalah daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat daerah, hal ini dapat dibuktikan dengan masih adanya lembaga adat ditiap desa, masih adanya ritual adat dalam setiap acara pernikahan dan pemberian gelar adat kepada sejumlah tokoh yang dianggap memberi kontribusi untuk kemajuan daerah. Namun, hingga kini, belum memiliki perda PPMHA. Apakah DPRD akan menjawab hal itu dengan menetapkan perda adat, semua dikembalikan kepada para wakil rakyat yang terhormat itu. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 21 Maret 2016

0 komentar for "Dukung DPRD Tuntaskan Ranperda PPMHA"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional