Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Diwarnai "Insiden", Sopir Taksi Demo Besar-besaran di Jakarta

Demo Sopir Taksi di Jakarta, Selasa (22/03). /Ist

Jakarta, detiKawanua.com - Ribuan sopir taksi dan angkutan umum lainnya melakukan unjuk rasa besar-besaran di Jakarta, Selasa (22/03) hari ini.

Demonstrasi dilakukan para sopir taksi karena merasa belum ada titik temu terkait tuntutan mereka untuk membekukan penyedia jasa transportasi online seperti Grab dan Uber. Penggunaan kendaraan plat hitam sebagai angkutan umum dinilai melanggar Undang-undang Lalu Lintas nomor 2 tahun 2009 tentang Angkutan Umum dan Jalan Raya.

Unjuk rasa juga dilakukan para sopir angkutan umum yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Penyelenggara Angkutan Umum (FK-MPAU). Mereka menuntut pemerintah mengeluarkan Perpres atau Inpres yang mengatur persoalan transportasi yang sebelumnya diatur oleh UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas.

Sayangnya, saat menggelar demo di Jalan Jenderal Gatot Subroto (Gatsu), beberapa sopir taksi terlibat insiden sweeping dan baku pukul dengan sejumlah pengemudi ojek online (Gojek) di Jalan Jenderal Gatot Subroto (Gatsu). 

Kejadian bermula ketika terjadi cekcok mulut di antara keduanya lantaran para sopir taksi tersebut memblokir ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

Sejumlah pihak di antara keduanya sempat saling bernegosiasi agar tidak terjadi keributan yang mampu membuat resah para pengguna jalan yang lain.

Namun, beberapa oknum dari banyaknya kerumunan antara sopir taksi dan pengemudi gojek tiba-tiba menyerobot dan terjadilah aksi pukul tersebut.

Beruntung peristiwa tersebut mampu didamaikan oleh petugas kepolisian dan dinas perhubungan yang bersiaga tak jauh dari lokasi kejadian.

Selain di Gatsu, dilaporkan bahwa aksi sweeping juga dilakukan sopir taksi di depan mall FX Senayan. Aksi pukul sopir taksi terhadap seorang pengendara sepeda motor terjadi saat dirinya hendak menerobos barisan pendemo karena ingin melanjutkan perjalanan menuju jalan Jenderal Sudirman.

Dari pantauan awak media, sekitar pukul 15.00 WIB, pendemo yang berorasi mengajak para sopir taksi bergerak meninggalkan DPR dan menuju kantor Kemkominfo.

"Karena sekarang belum ada keputusan dari Kemkominfo, masih berlangsung diskusi kita dengan Kemkominfo, maka kita bergerak ke sana saja," ujar orator itu.

Begitu orasi ditutup, massa sopir taksi yang berkumpul di depan gerbang Gedung DPR langsung bergerak menuju mobil masing-masing. Lalu mereka bergerak ke arah Slipi, kemungkinan untuk berputar. Ada motor patwal polisi yang mengawal konvoi taksi berwarna biru dan putih ini. (*/vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 22 Maret 2016 ,

0 komentar for "Diwarnai "Insiden", Sopir Taksi Demo Besar-besaran di Jakarta"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional