Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Cegah Penangkapan Ikan, DKP Bolmut Giatkan Patroli Laut

Kadis DKP Bolmut Victor Nanlessy. /Ist

Bolmut, detiKawanua.com
- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemkab Bolmut) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) terus menggiatkan patroli laut di wilayah teritori Bolmut.

Patroli laut menggunakan 1 unit kapal cepat ini, menurut Kadis DKP Bolmut Victor Nanlessy, dilakukan untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan secara illegal dengan menggunakan bom, oleh masyarakat yang diduga berasal dari luar daerah.

"Patroli laut tetap kami laksanakan di wilayah teritori Bolaang Mongondow Utara untuk mencegah terjadinya penangkapan ikan secara illegal oleh masyarakat," ujar Victor, Senin (28/03).

Victor mengungkapkan, penangkapan ikan secara illegal menggunakan bom patut dicegah, agar tak merusak ekosistem laut di Bolaang Mongondow Utara.

"Sangat berbahaya memang jika penangkapan ikan secara illegal terus berlangsung, sebab dapat merusak ekosistem laut yang dapat berdampak pada hilang hingga punahnya beragam jenis kekayaan laut termasuk ikan. Jika terjadi demikian, maka masyarakat Bolaang Mongondow Utara yang akan kesulitan memenuhi ekonominya dari sektor Kelautan dan Perikanan," ungkapnya.

Dalam pencegahan penangkapan ikan secara illegal, Dinas Kelautan dan Perikanan kata Victor tak berjalan sendiri. Tapi, tetap berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dit Polairud Polda Sulut dalam memberantas kejahatan di laut.

Pada bulan Mei Tahun 2015, Dit Polair Polda Sulut pernah menangkap empat pelaku pemboman ikan di Bolaang Mongondow Utara. Dalam penangkapan tersebut barang bukti yang diamankan, yakni bahan peledak jenis pupuk dicampurkan dengan dopis atau belerang jumlah satu botol Fanta, dan sisanya pupuk di botol air mineral dalam kemasan gambar matahari, Kabel telkom dan percis serta benang, sumbu pemicu, kompas, Alkon hape tiga buah dan 1 cars digunakan untuk pengisian energi ke batrai lampu yang dipakai.

Sedangkan jenis-jenis ikan yang diamankan, yakni dua cool box besar dan satu cool box kecil jenis ikan Goropa dan Lolosi.

"Para pelakunya kini telah menjalani proses hukum, makanya ketika mendapat informasi masih adanya pelaku penangkapan ikan secara illegal, pemerintah daerah bergerak cepat untuk mencegah dan menindak, agar ada efek jerah bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum di laut Bolaang Mongondow Utara," pungkas Victor. (*/Reza/Arby)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 28 Maret 2016 ,

0 komentar for "Cegah Penangkapan Ikan, DKP Bolmut Giatkan Patroli Laut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional