Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bupati Landjar Sorot Soal Pembangunan Lokasi Pasar di Iyok

Bupati Landjar saat menyampaikan sambutan pada acara singkronisasi dan sinergitas Program Hasil Musrembang serta Ranja SKPD.

Boltim, detiKawanua.com - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Salim Landjar mempertanyakan soal pembangunan pasar di Desa Iyok Kecamatan Nuangan yang dinilai mubazir karena, kurang bermanfaat terhadap warga masyarakat sekitar lokasi pasar dimaksud.

Bangunan pasar yang menelan anggaran senilai Rp 2 milar lebih tersebut, bakal sulit beroperasi. Pasalnya, letak atau lokasi bangunannya jauh dari pemukiman warga "lokasi bangunannya tidak strategis. lebih parahnya lagi penempatan lokasi bangunan tersebut juga jauh dari jangkauan warga diseputaran Nuangan" sorot, Bupati saat menyampaikan sambutannya pada acara Sinkronisasi dan Sinergitas Program Hasil Musrenbang Serta Renja SKPD Tahun 2017, Selasa (8/03) lalu.

Bupati menilai, hal ini hanya menghabiskan dana namun tak bermanfaat. ini sama sekali memang tidak ada manfaatnya ke masyarakat. sebab, dari segi lokasinya saja tidak strategis. para pedagang justru memilih kembali ke pasar tradisional yang ada sebelumnya meski hanya berupa bangunan kayu.

"Saya nilai pembangunan pasar di desa Iyok itu tidak ada manfaat (mubazir). dan kalaupun, bakal dioperasikan, diduga ini tidak akan ada aktivitas jual beli dipasar itu. karena faktor letak serta jangkauan tidak memungkinkan," paparnya.

Lanjut Dia, warga setempat lebih memilih berbelanja ke pedagang keliling yang masuk di desanya, "itu warga sekitar pasar belanjanya ke pedagang keliling. Sebab, dipasar tidak ada yang berjualan," tukasnya.

Dirinya menambahkan bahwa, selain itu anggaran pembangunan pasar tersebut seharusnya dikembalikan ke kas Negara jika memang tempat dan lokasi pembangunan pasar tidak strategis, agar dananya bisa digunakan pada program-program pembangunan lainnya yang masih bermanfaat untuk kepantingan masyarakat umumnya.

"Mestinya, Kepala Dinas terkait harus mengkaji secara matang mengenai lokasi pembangunan, sebelum melaksanakan kegiatan agar tidak berdampak pada kerugian (mubazir). Sebab jika dananya dikembalikan ke kas Negara maka, masih banyak daerah lain yang lebih membutuhkan dana untuk pembangunan dibandingkan dengan melakukan pembangunan pasar yang hasilnya tidak bermanfaat bagi warga masyarakat," tutur Bupati Landjar, dengan tegas.

Hingga berita ini dipublis, Dinas terkait yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boltim, belum sempat dikonfirmasi soal pembangunan pasar di desa Iyok tersebut. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Jumat, 11 Maret 2016 ,

0 komentar for "Bupati Landjar Sorot Soal Pembangunan Lokasi Pasar di Iyok"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional