Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bupati Bolmut: Ciptakan Sistem Perencanaan yang Partisipatif, Dinamis dan Transparan

Bupati Depri Pontoh Memberikan Sambutan pada Pembukaan Musrenbang Kecamatan Kaidipang. /Ist

Bolmut, detiKawanua.com - Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. DEPRI PONTOH secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Kaidipang Tahun 2016 untuk penyusunan rancangan awal Rencanan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2017 yang bertempat di Kantor Camat Kaidipang.

Sebelumnya, Bupati juga membuka Musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Sangkub, Bintauna, Bolangitang Timur dan Bolangitang Barat. Musrenbang Kecamatan ini dilaksanakan untuk menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan RKPD tahun 2017, yang sebelumnya telah melalui Musrenbang Desa dan telah melalui pra-Musrenbang Kecamatan dengan menghasilkan usulan program/kegiatan prioritas Kecamatan.

Baca juga: Bolmut Siap Laksanakan PIN 2016

Dalam sambutanya, Bupati menyampaikan bahwa ini merupakan upaya dalam memperoleh Program/kegiatan yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan hasil kesepakatan bersama. Serangkaian langkah-langkah strategis ini kiranya mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di wilayah melalui proses pembahasan yang terkoordinasi, button up dan top down, politis serta teknokratis dengan melibatkan segenap pelaku pembangunan dan pemangku kepentingan di daerah ini.

Untuk itu, Bupati menegaskan agar tidak ada lagi program/kegiatan Pemerintah Daerah yang tidak melalui proses pembahasan dari tingkat Desa dan Kecamatan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sistem perencanaan yang partisipatif, dinamis dan transparan.

Adapun beberapa permasalahan yang menjadi isu strategis pembangunan Daerah Tahun 2017 diantaranya kualitas dan aksebilitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan SDM dan sumber daya aparatur, penanggulangan kemiskinan, pengganguran dan permasalahan ketenagakerjaan, cakupan dan kualitas pelayanan infrastruktur dasar, infrastruktur sosial dan ekonomi, iklim yang kondusif bagi investasi dan usaha ekonomi baru, potensi wisata dan kawsan pesisir, ketahanan pangan, dan kesiapan Pemerintah Desa dalam pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa beserta turunannya.

Selain itu, Pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan menjadi media interaktif bagi segenap stakeholder Kecamatan untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan Tahun anggaran berikutnya, membangun komitmen bersama dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas. Sejalan dengan itu, dalam penetapan program dan kegiatan harus bersinergi dengan program prioritas Nasional Pemerintah Tahun 2015-2019 yang tertuang dalam Nawacita.

Dalam acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Berita Acara hasil kesepakatan Musrenbang RKPD Tahun 2016.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara SURIANSYAH KOROMPOT, SH., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ARMAN LUMOTO, S.Ag, M.Pdi., Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Ir. SUTRISNO GOMA, MP., Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD, Camat Kaidipang, Sangadi se-Kecamatan Kaidipang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.



(Reza Puasa)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 08 Maret 2016

0 komentar for "Bupati Bolmut: Ciptakan Sistem Perencanaan yang Partisipatif, Dinamis dan Transparan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional