Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bupati Bantaeng Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten

Pemkab Bantaeng saat Menggelar Musrenbang Tingkat Kabupaten. /Ist

Bantaeng, detiKawanua.com - Bupati Bantaeng H.M. Nurdin Abdullah membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Bantaeng Tahun 2016, yang berlangsung di Gedung Balai Kartini, Senin (14/03) kemarin.

Dalam sambutannya pada Musrenbang ini mengusung tema "Optimalisasi Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat" ini, Bupati Nurdin Abdullah menegaskan, perlunya ada percepatan target pembangunan. 

"Infrastruktur jalan tetap menjadi prioritas utama, khususnya pada akses jalan kawasan strategis. Targer Pemerintah Daerah pada tahun 2017 adalah seluruh jalan di Kab. Bantaeng akan dirampungkan secara maksimal", selain itu pembangunan sektor pertanian dalam bidang benih berbasis teknologi juga perlu mendapat perhatian lebih termasuk seluruh kawasan wisata di Kab. Bantaeng," jelasnya.

Lanjut Bupati, "Musrenbang merupakan langkah awal dalam proses perencanaan pembangunan setiap tahun yang dijabarkan ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah untuk dilaksanakan oleh masing-masing SKPD sesuai tugas fungsi dan kewenangan agar tercapai tujuan dan sasaran pembangunan yang diharapkan."

Sementara itu, H. Syamsu Alam, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Bantaeng menyebutkan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini adalah sebagai momentum yang sangat strategis dalam rangka mewujudkan perencanaan pembangunan partisipatif. 

"Maka dari itu melalui momentum yang berbahagia ini, kami menyampaikan sasaran prioritas pembangunan tahun 2017 sesuai RPJMD 2013 s/d 2018, yakni peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan PAD, penurunan tingkat kemiskinan, dan penurunan tingkat pengangguran dengan program pembangunan, antara lain:
1. Penguatan kapasitas SDM, melalui peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan.
2. Peningkatan ketahanan pangan dan air bersih.
3. Pengembangan benih berbasis teknologi, melalui program Technopark.
4. Pengembangan pariwisata pantai, agrowisata dan wisata alam.
5. Pengembangan kawasan industri dan pengembangan infrastruktur (terutama jalan dan irigasi).
6. Pengembangan wirausaha dan lembaga ekonomi masyarakat.
7. Pengembangan jaringan perdagangan dan investasi".

Tujuan Musrenbang sendiri adalah untuk memilih kegiatan prioritas dari hasil Musrenbang desa / kelurahan dan Musrenbang kecamatan, merumuskan indikator kinerja program dan kegiatan prioritas, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan hasil pembangunan.

Hasil yang diharapkan adalah adanya usulan kegiatan prioritas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya indikator kinerja yang berorientasi hasil, bukan hanya output. Masyarakat berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta pemanfaatan hasil pembangunan.
Peserta musrenbang berjumlah sekitar 250 orang, yang terdiri dari para Kepala SKPD, para Camat, tokoh masyarakat, para Kepala Desa dan Lurah, Komisioner Forum Delegasi Musrenbang (FDM) dan Delegasi Musrenbang dari 8 Kecamatan.

Turut hadir Ketua DPRD H. Sahabuddin, para Unsur Muspida, Sekretaris Daerah Abdul Wahab, Ketua GOW Hj. Aisyah Yasin serta seluruh pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng. (*/vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 15 Maret 2016 ,

0 komentar for "Bupati Bantaeng Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional