Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Begini Warga Bolmong Menyaksikan Gerhana Matahari

Nampak Pantulan Bayangan Gerhana Matahari

Bolmong, detiKawanua. Com - Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (09/03) menjadi salah satu daerah yang dilewati oleh gerhana matahari sebagian. Peristiwa alam ini ternyata bertepatan dengan hari Raya Nyepi bagi umat Hindu yang jatuh pada 9 Maret 2016. Lalu bagaimana cara warga Bolmong melihat fenomena alam tersebut?

Sekitar pukul 08.00 Wita di simpang siur jalan, saat proses bulan perlahan-lahan menutupi Matahari, David salah satu warga, berhasil mengabadikan fenomena gerhana matahari di langit Bolaang Mongondow. "Pada pagi hari ini, saat perlahan Bulan menutup matahari, saya bisa melihat gerhana matahari, Katanya.

Meski tidak ada tempat yang dijadikan pusat berkumpulnya warga untuk melihat gerhana Matahari, terpantau antusias warga serius menikmati fenomena alam ini sangat luar biasa. "Ya itulah yang terjadi, meski hanya melihat dari pelataran rumah jalan raya namun uniknya berbagai macam cara, saya bisa melihat gerhana, Jelasnya.

Dengan berbagai cara melihat, Davit menggunakan perlengkapan alami seperti, kacamata yang dibuat dari klise foto bekas dan dua helai kertas putih untuk membuat proyeksi bayangan Matahari."Saya manfaatkan momen ini sebagai ilmu pengetahuan yang sangat sederhana, katanya.

Hal yang berbeda juga dilakukan Imbran, warga yang berstatus penduduk di desa Solimandungan, Kab.Bolmong. dengan berusaha melihat fenomena gerhana matahari yang hanya terjadi di setiap 33 tahun sekali, juga menggunakan peralatan alami tetapi berbeda yang dilakukan Davit saat melihatnya. "Kalau saya memakai sepenggal kayu triplex yang dilubangi lingkaran kecil, terus lingkaran yang berlubang fokuskan disamping kamera hanpone, dan pantulan bayangan gerhana langsung dipotret," ujarnya. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 09 Maret 2016

0 komentar for "Begini Warga Bolmong Menyaksikan Gerhana Matahari"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional