Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bapemperda Bolmong Bahas Tiga Ranperda

Rancangan Peraturan Daerah (Ist)

Bolmong, detiKawanua. Com - Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Bolmong mulai melakukan pra pembahasan atas Tiga Ranperda. Yaitu, Ranperda tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa (P3D), Pengakuan dan Perlindungan Hak-hak Masyarakat Adat di Kab. Bolmong, dan Retribusi Pelayanan Kesehatan.

Menurut Ketua Bapemperda, Marthen Tangkere, SE, sejak pekan kemarin, timnya mulai melakukan pra pembahasan atas 3 Ranperda. Pada Jumat (12/03) dimulai dengan pra pembahasan Ranperda retribusi pelayanan kesehatan dan senin (14/03) tentang Ranperda pegangkatan dan pemberhentian perangkat desa  serta ranperda perlindungan hak-hak masyarakat adat.

"Pada ranperda P3D  berisi 9 Bab dengan 12 pasal yang membahas mengenai syarat dan mekanisme pengangkatan perangkat desa, kekosongan perangkat desa dan peningkatan kapasitaas serta kesejahteraan perangkat desa. Untuk Ranperda pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat di Kab. Bolmong  memuat 10 bab dengan 36 pasal  diantaranya membahas tentang asas tujuan, kedudukan masyarakat adat, hak- hak masyarakat adat termasuk hak pembangunan, hak atas spritualitas dan kebudayaan, hak atas lingkungan hidup, hak untuk menjalankan hukum dan peradilan adat serta tanggung jawab pemerintah daerah,"jelasnya.

Sementara menurut Kabag Risalah dan Persidangan Jenly Mongilong S.Kom, Bampemperda sementara menggenjot pembahasan pra pembahasan Ranperda untuk selesai.  Rencananya pembahasan tiga ranperda ini  selesai pada akhir masa sidang I, April mendatang.

"Setelah pra pembahasan selesai akan masuk pada paripurna tahap I untuk penyampaian Ranperda. Kemudian dilakukan pembahasan untuk diparipurnakan tapi sebelum itu dilakukan,  konsultasi ranperda ke provinsi dulu baru kemudian Paripurna tahap 2 untuk persetujuan atas ranperda dilaksanakan. Setelah paripurna tahap 2 selesai dilakukan evaluasi ke Provinsi untuk mendapatkan nomor registrasi yang kemudian pada akhirnya Perda ditandatangani oleh Bupati, semoga cepat selesai" harapnya disela-sela pra pembahasan di ruang Banmus DPRD Kab. Bolmong.

Hadir dalam pra pembahasan atas 3 ranperda diantaranya Ketua DPRD Welty Komaling, SE MM, Kamran Muchtar, ST, Hi Kadir Mangkat, Yusra Alhabsi, Toni Tumbelaka, Moh. S. Mokoagow S.Pdi, I Nyoman Sarwah SE, Slamet Kohongia, Masud Lauma SE, Teddy N Jong SE. 

Sementara dari Satuan perangkat daerah (SKPD) dihadiri oleh Asisten 1 Drs Christ Kamasaan, Asisten 3 Dra Hj. Ulfa Paputungan, Kabag Pemdes Mourin Vivie Rottie SSTP, Kabid Aset DPPKAD Steyvan Tandayu SE, dinas Pariwisata, Kabag Ekbang Haris Dilapanga ST, dan camat se Bolmong. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 15 Maret 2016

0 komentar for "Bapemperda Bolmong Bahas Tiga Ranperda"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional