Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Topang Program Ketahanan Pangan, Ini Target Garapan Lahan Pertanian di Kotamobagu



Kegiatan Rakor yang dilaksanakan di Aula Makodim 1303 Bolaang Mongondow

Kotamobagu, detiKawanua.com – Guna menopang program Pemerintah Pusat dalam meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional, Pemerintah Kota Kotamobagu, menargetkan sedikitnya 1000 hektar lahan pertanian di Kota tersebut untuk digarap, dengan objek penanaman terdiri dari padi, jagung dan kedelai.

Hal tersebut, tercermin dari pernyataan Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Hi Jainudin Damopolii, Kamis (25/02), pagi tadi, dalam kegiatan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Target Luas Tanam serta Strategi Pencapaian Target Luas Tanam Padi, Jagung dan Kedelai, yang bertempat di Aula Kodim 1303 Bolmong.

“Program ini juga sejalan dengan apa yang telah ditargetkan Pemerintah Kota Kotamobagu, yakni 1000 hektar lahan untuk penanaman padi, jagung dan kedelai,” kata Wawali.

Di sisi lain, Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Lahan Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Deddy Nursamsih, M.Agr, yang turut hadir selaku Koordinator Khusus Provinsi Sulawesi Utara, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dari Pemerintah Pusat atas telah dilaksanakannya program tersebut di Bolaang Mongondow Raya (BMR) pada tahun 2015 lalu, dimana wilayah BMR pada umumnya sukses melebihi target capaian alias mencapai Surplus.

“Keberhasilan BMR tidak hanya dari segi pengembangan dan pemanfaatan lahan saja, namun juga dari segi produktifitas, dimana BMR tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan di daerah sendiri, tetapi juga mampu mengekspor ke daerah lainnya. Dan pencapaian inilah yang patut diapresiasi,” ujar Nursamsih.

Sementara Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol Inf. Sampang Sihotang, dalam sambutannya, menegaskan dukungan TNI atas apa yang telah diprogramkan pemerintah.

“Seluruh anggota TNI akan mendukung, bahkan akan turun langsung bersama para petani melakukan penanaman demi menjaga ketahanan pangan di wilayah Bolmong Raya,” tegas Sihotang.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir pula, pejabat dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara, para pejabat dari instansi terkait, diantaranya dari Dinas Pertanian, BKP, serta Penyuluh Pertanian se-Bolmong Raya, dan juga seluruh jajaran TNI Makodim 1303 Bolaang Mongondow. (Ilman Ariyan)

Di Postkan Oleh Deti Kawanua | Kamis, 25 Februari 2016

0 komentar for "Topang Program Ketahanan Pangan, Ini Target Garapan Lahan Pertanian di Kotamobagu"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional