Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Muhri Fauzi Hafiz: Nias Layak Dijadikan Sebagai Daerah Transmigrasi

Wisata Bahari di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. /Ist

Medan, detiKawanua.com - Kepulauan Nias di Provinsi Sumatera Utara yang terdiri atas lima kabupaten/kota dinilai layak untuk menjadi daerah yang tujuan program transmigrasi.

Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Muhri Fauzi Hafiz mengatakan penempatan transmigran di Kepulauan Nias dapat dilakukan untuk pemerataan kesejahteraan dan pembangunan di daerah.

Berita menarik lainnya: Medsos-medsos Ini Akan Diblokir pada Bulan Maret, Jika...

Setidaknya, ada dua alasan yang menyebabkan Kepulauan Nias dinilai layak menjadi lokasi tujuan dari program trasmigrasi.

Alasan pertama, sebagai satu daerah kepulauan, Nias masih memiliki banyak ruang yang bisa menampung peserta transmigrasi yang dikoordinasikan oleh pemerintah pusat. Dengan berbagai pertimbangan yang matang yang disiapkan pemerintah pusat, transmigran tersebut dapat ditempatkan di sejumlah lokasi kosong atau minim penduduk di Kepulauan Nias.

Alasan kedua, kehadiran transmigran tersebut diperkirakan akan menimbulkan nuansa heterogenitas bagi penduduk Kepulauan Nias yang selama ini dinilai masih homogen. Kehadiran transmigran tersebut diperkirakan akan mendukung proses asimilasi dan sosialisasi yang cukup positif dalam perkembangan karakter masyarakat di Kepulauan Nias.

“Pasti akan terjadi pembauran, terutama prinsip-prinsip dari masyarakat transmigran yang dinilai lebih banyak positifnya,” kata politisi Partai Demokrat itu, Kamis (25/02) kemarin.

Baca juga: Pemkot Bitung Akan Tindak Lanjuti Aspirasi Warga MASATA

Ia mencontohkan semangat kerja dan semangat gotong royong yang selama ini sering dimiliki peserta transmigran. Semangat kerja dan gotong royong tersebut sangat diperlukan untuk merealisasikan peningkatan taraf perekonomian masyarakat di Kepulauan Nias yang dikenal kaya dengan sumber daya alam.

Namun sebelum merealisasikan program itu, pemerintah perlu memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada peserta transmigrasi mengenai karakter masyarakat Nias.

“Itu sangat perlu supaya tidak terjadi konflik atau gesekan karena perbedaan latar belakang dan ideologi,” ujar Muhri Fauzi.

Menurut catatan, Kepulauan Nias merupakan salah satu daerah kepulauan di bagian barat Sumatera Utara yang luas wilayah sekitar 5.625 km per segi. Kepulauan itu terdiri atas lima daerah yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, dan Kota Gunung Sitoli dengan penduduk sekitar 700 ribu jiwa.

(*/vkg)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 26 Februari 2016 ,

0 komentar for "Muhri Fauzi Hafiz: Nias Layak Dijadikan Sebagai Daerah Transmigrasi"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional