Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Enam Fraksi DPRD Sulut Terima Usulan Ranperda Somasi

Rapat Paripurna DPRD Sulut tentang Pengesahan Perda  Somasi. (Foto: Rifaldi)

Manado, detiKawanua.com
- Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Somasi dan Wilayah Pesisir yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) telah diparipurnakan, Rabu (24/02) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulut. Rapat perdana yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw tersebut,diterima oleh seluruh di fraksi DPRD.

Meskipun usulan Ranperda Somasi ini diterima, namun sebelumnya berbagai gagasan dan kritikan pun turut mewarnai ruang rapat ini. Fraksi Golkar misanya, dalam penyampaian pemandangan umum melalui juru bicara Rasky Mokodompit, menyoalkan adanya usulan Ranperda tersebut apakah sudah diberikan pemberitahuan kepada pemerintah pusat atau malah tidak diketahui pemerintah pusat.

Baca juga: Pemprov Sulut Optimis Raih Hasil Baik Pada Evaluasi LPPD Tahun 2016

"Setelah mengkaji ulang isi usulan Perda Somasi dan Pemberdayaan Wilayah Pesisir maka Fraksi Golkar dengan ini menyatakan menerima dan akan dibahas selanjutnya di komisi-komisi terkait. Namun, fraksi Golkar juga belum sepenuhnya menyakini apakah usulan Perda ini sudah diketahui pemerintah pusat atau belum," tutur Rasky.

Fraksi PDIP juga turut memberikan komentar atas usulan Ranperda ini. Bagi fraksi moncong putih ini, perlu diwaspadai jangan sampai kehadiran Perda tersebut justru menimbulkan degradasi lingkungan hidup. "Jangan sampai ada degradasi lingkungan hidup," kata Yongke Limen, jubir Fraksi PDIP.

Berita menarik lainnya: Kadis Dikpora Kotamobagu Wanti-wanti Pihak Sekolah Soal Penggunaan Dana BOS

Sementara itu, Fraksi Demokrat melalui jubir Siska Maangindaan, menuturkan, terdapat beberapa keterpaduan ekosistem yang perlu mendapat perhatian melalui Perda Somasi dan pengembangan wilah pesisir ini. "Harus ada keterpaaduaan antara ekosistem laut dan darat, keterpaduan antara sektor ekonomi dan perhubungan kemudian, keterpaduan semua level pemerintahan," pinta Siska.

Menanggapi peryataan dan masukan fraksi, Wagub Steven Kandaouw berjanji akan mengakomudir semua masukan dan akan disampaikan kembali secara tertulis. "Kami sangat berterima kasih atas masukan, kritikan serta tanggapan dari setiap fraksi. Semua masukan ini akan kami formulasikan secara sistematis dan akan kaami sampaikan secara tertulis," kata Kandouw, saat menanggapi usulan dan kritikan dari fraksi.

(Rifaldi Rahalus)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 24 Februari 2016

0 komentar for "Enam Fraksi DPRD Sulut Terima Usulan Ranperda Somasi"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional